January 16, 2022

Widodo Beberkan Program Unggulan Dukcapil

BDKLIK.com, – Kepala Dinas Dukcapil Widodo membeberkan sejumlah program unggulan di Dinas Dukcapil dalam pelayanan terhadap masyarakat Kota Bengkulu.

Widodo menjelaskan, ada beberapa program di Dinas Dukcapil diantaranya apabila ada masyarakat yang meninggal dunia, Pemerintah Kota takziah di malam ke-3 hari sekaligus pembagian KK dan KTP baru atau perubahan bagi keluarga yang ditinggalkan.

“Disitu kita sekaligus memberikan akta kematian kepada keluarga yang ditinggalkan. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan dan kemudahan di pelayanan di Dukcapil,” jelas Widodo, Kamis (13/01/2022).

Widodo juga mengungkapkan beberapa program pelayanan unggulan Dukcapil lainnya, seperti program Six In One dan program HD bersalin.
Program Six In One merupakan program percepatan perubahan data perkawinan dan langsung diterbitkannya KK dan KTP dengan perubahan status.

Program ini sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Bengkulu untuk memeberikan kebahagiaan kepada masyarakat yang baru saja menikah. Pelayanan Six In One melibatkan beberapa instansi seperti Kelurahan, KUA, dan Dukcapil. Program Six In One ini telah berjalan sejak tahun 2020.

“Program Six In One itu adalah percepatan di dalam pemenuhan kebutuhan akufuntur terkait dengan perubahan data perkawinan, jadi pasangan-pasangan baru itu langsung kita terbitkan KK-nya KTP-nya perubahan status. Semuanya sudah kita sediaka, pemerintah daerah sudah mengakomodir. Jadi bukan hanya pelayanannya tapi juga terkait kualitas datanya,” ujar Widodo.

Saat ini, sambung Widodo, Pemerintah Kota Bengkulu juga sedang menjalankan program pelayanan HD bersalin. Program HD bersalin merupakan program yang khusus untuk masyarakat yang kurang beruntung secara finansial seperti ada masyarakat yang ingin bersalin tetapi tidak ada biaya dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang menyebabkan mereka kehilangan pekerjaan atau kurangnya pendapatan secara finansial.

Didalam program ini Pemerintah Kota melibatkan beberapa pihak seperti bidan-bidan yang ada di 9 Kecamatan, Baznas, dan Dukcapil yang peranannya sesuai dengan bidangnya masing-masing. Widodo juga mengatakan, program HD bersalin Dukcapil berperan dalan adminstrasi seperti KK, dan Akte. Program HD bersalin ini telah berjalan sekitar tahun 2021 dengan tujuan untuk kebahagiaan masyarakat. Kedua program unggulan Pemerintah Kota ini dikhususkan untuk masyarakat kota Bengkulu yang dibuktikan dengan kepemilikan berupa dokumen.

“Dukcapil mempunyai peranan bagaimana Dukcapil meletakkan kerangka pondasi yang kuat dan kokoh yang berupa adminsitrasinya. Sehingga program HD bersalin ini diwujudka, lengkaplah kebahagiaan daripada masyarakat Kota Bengkulu,” tutup Widodo. (461).

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com