September 22, 2021

Wawali Dedy Wahyudi: Masyarakat Harus Berpartisipasi Atasi Masalah Sampah

BDKlik.Com, – Disela pembagian honor Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), di Kantor Lurah Tanah Patah. Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi juga tak luput mensosialisasikan program merdeka sampah, Rabu (31/02/21).

Dedy dengan tegas meminta semua pihak untuk mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot Bengkulu yang sedang berjuang dan semangat-semangatnya dalam menangani masalah sampah.

“Mari kita sama-sama menjaga lingkungan sekitar dengan kembali menggiatkan aktivitas gotong royong baik itu di wilayahnya. Kalau bisa agenda ini rutin dilakukan setiap minggunya agar lingkungan kita tetap terjaga dan bersih tentunya,” tegas Dedy.

Para Camat dan Lurah pun diminta berperan aktif dalam mensosialisasikan permasalahan sampah dan menjadi contoh yang baik di wilayahnya.

“Sebelum sosialisasi, pastikan dulu para ASN di Kelurahan dan Kecamatan sudah menjadi contoh yang baik, salah satunya ialah menjaga lingkungan dan menyiapkan bak dampah di depan rumah. Kalau sudah semua baru ajak warga melakukan hal yang sama dan imbau mereka untuk melakukan iuran dalam pengelolaan sampah secara terpadu. Kalau semuanya sudah terstruktur tentu akan teratasi masalah sampah ini,” ungkap Dedy.

Harap Dedy, kerjasama RT, RW terus terjalin dan memberikan terobosan-terobosan dalam penanganan sampah.

“Bapak, ibu RT dan RW ialah perpanjangan tangan kami (Pemkot) dan tokoh di lingkungannya. Saya berkeyakinan bapak-ibu bisa membujuk, merayu warganya untuk ikut program iuran kebersihan demi terwujudnya Kota Bengkulu yang bebas dari sampah,” tutupnya.

Untuk diketahui, menindaklanjuti SE Walikota Bengkulu perihal sampah, LPM Kelurahan Tanah Patah telah menyediakan bak sampah yang terbuat dari ban bekas dan akan dibagikan kesetiap warga. (AGL/MK).