January 28, 2022

Urus Domisili Tak Lagi Pakai Surat Pengantar RT

BDKLIK.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Widodo mengatakan berdasarkan peraturan kemendagri nomor 796 bawah pindah atau domisili tidak perlu lagi menggunakan surat pengantar dari Lurah/RT.

“Pindah penduduk dalam satu kabupaten/kota, cukup menunjukkan Kartu Keluarga (KK) saja dan nanti mengisi Form untuk surat pindah. Tidak perlu pengantar apapun,” kata Widodo di Kantornya, Rabu (13/1/2022).

Artinya, ada format yang harus diisi apalagi dalam wilayah satu wilayah tidak memerlukan lagi.

“Tapi kewajiban kita kalau selama ini, dari bawah ke atas kalo sekarang dari atas kebawah. Jadi kalau ada perubahan data masyarakat mempunyai kewajiban untuk melaporkan. Maka disaat  menerbitkan dokumen baru itu disarankan untuk dapat melaporkan Kelurahan atau RT,” jelas Widodo.

Widodo menambahkan, bahwa pindah penduduk itu tidak perlu surat pengantar, artinya data tersebut sudah ada di database kependudukan. Seluruh pegawai di Dukcapil ditekankan, apabila masyarakat datang mengurus domisili, ada pegawai yang masih memintak surat pengantar dari lurah/Rt maka akan diberi sanksi.

“Jadi, kalau ada pegawai Dukcapil yang masih meminta pengantar dari RT/RW sampai ke Desa/Kelurahan akan saya beri sanksi teguran,” tegas Widodo.

Peraturan ini juga sudah diketahui oleh para Pegawai melalui Surat Edaran yang diterbitkan Pemerintah Pusat. (461)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com