September 19, 2021

Undang Sumbaga Ketum HIPMI Provinsi Bengkulu

BDKlik.Com,-Bos Central Elektro Bengkulu Undang Sumbaga terpilih menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Provinsi Bengkulu Periode 2021-2024. Setelah sebelumnya berkompetisi dengan kedua caketum lainnya, Yoga Pratama dan Melisa Oksadian.

Undang terpilih pada Musyawarah Daerah XIV BPD HIPMI Provinsi Bengkulu yang digelar di Mercure Hotel, Kamis, 8 April 2021 dengan raihan 29 suara.

Sekadar mereview, Undang maju sebagai caketum setelah mendapatkan dukungan secara bulat dari lima Badan Pengurus Cabang (BPC), yakni BPC HIPMI Seluma, Kaur, Mukomuko, Lebong, dan BPC HIPMI Kota Bengkulu.

Sejumlah program di bawah kepemimpinannya pun telah disusun dan dimatangkan, seperti mencetak lima ribu pengusaha baru.

“Jika diamanahkan menjadi Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu, selain fokus pada konsolidasi internal, juga bersinergi dengan Pemerintah Daerah se-Provinsi Bengkulu, utamanya dalam pembinaan dan peningkatan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Apalagi target secara umum mencetak lima ribu pengusaha baru, agar tercipta lapangan kerja baru, khususnya di tengah pandemi ini. Pelaku usaha juga ditargetkan naik kelas sekaligus menaikkan omset,” kata Undang dalam satu kesempatan.

Tak hanya itu, ia juga tengah gencar-gencarnya menjajal pengembangan potensi kelautan dan kemaritiman hingga ke Pulau Enggano. Menurutnya, potensi ini harus meningkatkan nilai ekonomi yang lebih tinggi lagi bagi masyarakat Bengkulu.

“Kita melalui Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI akan bersinergi dengan pemerintah pusat dan membawa program pusat ke Bengkulu nantinya. Termasuk juga wacana pembangunan tiga titik pabrik es, tepatnya di Kabupaten Mukomuko, Kota Bengkulu, dan Kabupaten Kaur, dan dalam waktu dekat ini kita akan berangkat ke Pulau Enggano untuk menjajal berbagai potensi kelauatan yang bisa kita kembangkan nantinya,” ujar Undang.

Lebih lanjut ditegaskannya bahwa HIPMI ke depan harus menjadi penggerak pembangunan dan berkontribusi terhadap perekonomian Provinsi Bengkulu, serta melakukan pengembangan terhadap UMKM agar segera naik kelas.

“Ini yang menjadi PR saya ke depan terhadap pembangunan di Provinsi Bengkulu. Semua BPC-BPC akan dilibatkan untuk berkontribusi bersama agar kita bisa sama-sama membangun kabupaten kota se-Provinsi Bengkulu. Sehingga akan menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru di wilayah Sumatera bagian selatan,” tegasnya.

Pemuda pengusaha muda sukses ini pun memiliki tiga program jangka pendek yang segera ia realisasikan pasca terpilih menjadi Ketum HIPMI. Yaitu membuat sekretariat HIPMI permanen, kemudian melakukan pendataan UMKM, lalu mengidentifikasi wisata-wisata alam yang bisa dikembangkan. (AGL).