Tingkatkan Perekonomian, Wawali Dedy Minta Seluruh OPD Miliki Inovasi

BDKlik.Com,– Sebuah inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inovasi bisa dibilang menjadi salah satu tool dalam mengakselerasi peningkatan daya saing suatu daerah di Indonesia terkhususnya di Kota Bengkulu, Senin (26/04/21).

Untuk menciptakan berbagai inovasi ke depannya yang berdampak signifikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar rapat koordinasi (Rakor) inovasi daerah dan pemetaan ekosistem atau indeks daya saing daerah (IDSD) di ruang hidayah, Kantor Walikota.

Memimpin jalannya rakor, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menegaskan beberapa poin penting yang harus dilakukan setiap OPD dalam menciptakan beberapa inovasi.

“Ini rakor soal inovasi, dari 514 kabupaten-kota di Indonesia, Kota Bengkulu diperingkat 68 terkait inovasi. Ini cukup bagus karena termasuk diposisi papan atas. Jadi, untuk lebih meningkatkan lagi capaian dari berbagai inovasi daerah, saya minta setiap OPD terus berinovasi. Di kota kan ada 40 OPD, berarti kita ada 40 inovasi nantinya kalau masing-masing 1 inovasi,” tutur Dedy dihadapan para kepala OPD se-Kota Bengkulu.

Menciptakan suatu inovasi memanglah tidak mudah, karena harus banyak pematangan khusus agar inovasi memberikan dampak yang signifikan bagi Pemkot dan masyarakat.

“Memang tidak gampang menghadirkan suatu inovasi. Kadang kita harus browsing-browsing terlebih dahulu untuk mencari ide-ide baru. Tetapi apabila sudah habis ide, ya kita gunakan ilmu ATM yakni amati, tiru dan modifikasi. Dulu kita pernah menjuarai lomba inovasi daerah menyambut new normal, ada juga penghargaan dari Kemendagri sebagai kota sangat inovatif. Jadi, intinya kalau benar-benar serius pasti semuanya akan terwujud,” tambahnya.

Selanjutnya, Dedy menegaskan kepada beberapa OPD untuk memasifkan berbagai inovasi Pemkot yang dicetus Walikota.

“Banyak program-program fenomenal kita, seperi HD-Oto, HD Samawa, merdeka sampah dan hal lainnya yang sedang digarap saat ini. Semua program gaungnya harus lebih meningkat setiap harinya agar semua orang tahu akan inovasi yang ada di Kota Bengkulu,” tuturnya.

Terakhir, Dedy berpesan untuk seluruh OPD terkhususnya pada bidang pelayanan untuk memberikan pelayan yang prima dan memberikan kesan yang baik kepada masyarakat. (AGL/Adv).