September 29, 2020

Tiga Poin Penting Gubernur Soal Penanganan Covid-19

BDKlik.Com, – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah tekankan 3 poin penting terhadap penanganan pandemi corona saat meninjau Posko Penanganan Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Senin (25/5/2020).

Tiga poin itu yakni terkait pengadaan masker yang bersumber dari dana refocusing dan realokasi baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota, harus mencukupi kebutuhan masyarakat. Kedua Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/ Kota diminta menyiapkan rapid test sesuai dengan jumlah persentase yang diminta minimal 3 persen dari jumlah penduduk. Ketiga memastikan kewenangan dan tanggung jawab perawatan pasien dan kasus Covid-19. Jika isolasi mandiri, gejala ringan dan ODP menjadi tanggung jawab pihak kabupaten/ kota di bawah komando bupati/ walikota sementara kasus positif dengan gejala sedang dan berat, sepenuhnya tanggung jawab pemprov dengan penanganan langsung di RSMY Bengkulu.

“Agar setelah itu nanti tim terpadu dapat menggelar razia ketika bupati/ walikota sudah mendistribusikan masker yang cukup sesuai dengan jumlah penduduk dan Pemerintah Provinsi juga akan melakukan hal sama. Ketiga poin ini harus kita kerjakan secara bersama-sama, besok akan kita buat surat tersendiri, dalam bentuk pembagian tugas yang jelas, sehingga nanti jelas hasilnya,” jelas Rohidin.

Rohidin menjelaskan pihaknya meninjau posko Pengamanan Cek Point Covid-19 di Pos Pam Cek Point Covid-19 Sungai Hitam Kecamatan Muara Bangkahulu, Simpang Nakau Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu bersama unsur Forkopimda/ FKPD Provinsi Bengkulu tersebut
sebagai bentuk memberikan spirit kepada Tim Pos Pam Cek Point Covid-19, sehingga bisa terus semangat dalam bertugas terutama kepada tenaga kesehatan.

“Apalagi ini dalam suasana lebaran, jadi kunjugan ini sebagai bentuk sedikit perhatian kami atas nama pimpinan Forkopimda Provinsi Bengkulu. Selain itu kita juga ingin memastikan orang yang keluar dan masuk dari Bengkulu, terdeteksi secara baik sehingga penyebaran virus corona bisa dikendalikan sedini mungkin,” ungkap Rohidin. (461)