September 24, 2020

RSUD M. Yunus Siapkan Ruang Isolasi Representatif untuk Pasien Covid-19

BDKlik.Com, – Kesiapan RSUD M. Yunus Bengkulu menangani pasien Covid-19 semakin mantap. Hal itu dibuktikan dengan tersedianya fasilitas yang lengkap dan representatif berupa ruang isolasi khusus di Instalasi Rawat Inap (Irna) Fatmawati.

Dijelaskan Direktur RSUD M. Yunus Bengkulu Zulkimaulub Ritonga, ruang perawatan pasien Covid-19 yang difungsikan, berada pada lantai dasar IRNA Fatmawati, dengan total 11 kamar dilengkapi dengan instalasi alat kesehatan standar penanganan Covid-19.

“Sekarang ini ada 11 kamar yang mampu menampung 22 pasien, dalam satu kamar tersedia dua tempat tidur. Dari 11 kamar itu dua diantaranya khusus ruang bersalin dan ruang perawatan bayi, fasilitasnya juga lengkap ada inkubator maupun alat bantu pernafasan,” jelas Zulkimaulub.

Disiapkannya ruang isolasi ini khusus Covid-19, mengingat ruang perawatan kurang representatif, baik untuk pasien maupun tenaga medis yang akan melakukan tugas sebagai garda terdepan.

“Ruangan sudah siap, kami akan segera memindahkan pasien ke ruangan ini, mungkin pemindahannya akan kami lakukan besok (21/4 – red). Ada dua pasien yang akan dipindahkan ke sini,” tambah Zulkimaulub.

Selain menyiapkan ruangan isolasi bagi warga terjangkit Covid-19, pihak rumah sakit juga menyiagakan tenaga medis.  

Sementara, Kepala Ruangan Perawatan Isolasi Irna Fatnawati, Desi Asmita menjelaskan, perawatan isolasi ditangani oleh Tim Gerak Cepat yang terdiri dari dokter penanggungjawab pasien dan perawat berjumlah 17 orang yang bertugas dengan sistem bergantian.

“Untuk dokter penanggungjawab pasien Corona itu sesuai spesialisnya, kalau misalnya pasien ada pengaruh ke paru-paru berarti dokter spesialis paru-paru sebagai penanggungjawab pasien tersebut,” demikian Desi.(MCP)

Leave a Reply