Riwayat Perjalanan Mantan Kapolda Sebelum Dinyatakan Positif Corona dan Penjelasan Polri

BDKlik.com, – Seperti diketahui bersama Mantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman dinyatakan positif terpapar Covid-19 atau Virus Corona dan hal ini dibenarkan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Terkait ini, Kepala Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah melaksanakan rapid test sebelum upacara serah terima jabatan (sertijab) yang sempat diikuti Mantan Kapolda Bengkulu sebelum dinyatakan positif terjangkit Covid-19 .

“Sebelum sertijab semua dilakukan rapid test,” kata Argo, Selasa (12/5/2020) seperti dilansir dari kompas.com

Menurut Argo, seluruh peserta menunjukkan hasil rapid test yang negatif. Rapid test atau uji cepat merupakan salah satu jenis pemeriksaan untuk mendeteksi apakah seseorang memiliki antibodi terhadap Covid-19 atau tidak. Argo mengatakan, pihaknya sedang menelusuri bagaimana Supratman tertular virus tersebut.

“Hasil tes semua negatif, makanya sedang dicek kenanya di mana,” ujar Argo.

Argo enggan menjelaskan perihal tindak lanjut terhadap peserta lainnya seusai Supratman dinyatakan positif Covid-19.

Berikut sederet riwayat perjalan Mantan Kapolda Bengkulu sebelum dinyatakan positif Corona, seperti dilansir dari kompas.com, Mantan Kapolda Bengkulu sempat mengunjungi posko percepatan penanganan virus corona di perbatasan Bengkulu Selatan dengan Sumatera Selatan. Setelah itu, ia melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Kaur.

Pada 5 Mei 2020, Supratman mengunjungi sejumlah kantor media massa lokal di Bengkulu dalam rangka kunjungan ungkapan terima kasih sudah bekerja sama, ini dalam rangka perpisahan karena ia dipindahtugaskan.

Kapolda Bengkulu Irjen Supratman digantikan oleh Brigjen (Pol) Teguh Sarwono, Jumat (8/5/2020), Irjen Supratman melakukan serah terima jabatan kapolda Bengkulu kepada Brigjen (Pol) Teguh Sarwono dan disaksikan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz.

Kemudian Sabtu (9/5/2020), Gubernur Bengkulu menyebutkan Irjen Supratman dinyatakan positif Covid-19. Penetepan Irjen Supratman positif Covid-19, maka terdapatlah klaster baru di Provinsi Bengkulu, yakni Klaster Aparat.

Setelah diketahui Irjen Supratman positif Covid-19, sejumlah kepala daerah melakukan rapid test, termasuk Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Bupati Kaur Gusril Fauzi beserta pejabat tinggi lainnya. Puluhan jurnalis juga melakukan rapid test karena mereka diketahui berinteraksi dengan Irjen Supratman. Diimbau mendoakan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta masyarakat untuk mendoakan kesehatan Supratman. Meski yang bersangkutan dinyatakan positif virus corona, tetapi kondisinya saat ini dianggap sehat.

Sejauh ini terdapat 4 kasus positif Covid-19 di Bengkulu. Jumlah ini terbagi dalam lima klaster, yakni klaster Jemaah Tabligh, karyawan perbankan, klaster orang dari luar daerah, klaster aparat kemanan dan klaster medis. (461)