January 20, 2022

Retribusi TPI Pulau Baai Dipungut Pemprov

BDKLIK.com, – Pendapatan retribusi TPI Pulau Baai yang disetor ke Kas Daerah Provinsi Bengkulu mengalami peningkatan setiap tahun.

Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan, Nangcik Usman mengatakan, bahwa retribusi di pelabuhan perikanan berlandas Peraturan Daerah nomor 12 tahun 2017 tentang jasa usaha di Pelabuhan Perikanan yang dipantau oleh Dinas BPKAD Provinsi Bengkulu, kemudian dibina juga oleh pihak inspektorat dan BPK.

“Sumber pendapatan retribusi di pelabuhan perikanan, pertama retribusi masuk pelabuhan perikanan/TPI, jasa pengguna gudang, tambat tahu, sewa lahan dan mess,” kata Nangcik saat dikonfirmasi, Senin (6/12/2021) siang.

Nangcik mengungkapkan, pendapatan retribusi sejak 2019 mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Pada 2019 target pendapatan restribusi sebesar Rp86 juta, di tahun 2020 naik menjadi Rp93 juta, ditahun ini 2021 menjadi Rp103 juta. Kemudian ada lagi perubahan menjadi Rp 105.600.000 ditahun yang sama,” ungkap Nangcik.

Sementara itu, Yulita Kepala Seksi (Kasih) Tata Kelola UPTD Pelabuhan Perikanan Bengkulu menjelaskan, secara rinci mekanisme penyerahan pendapatan retribusi atau alur setoran pendapatan retribusi TPI Pulai Baai.

“Pertama orang nyetor sini (UPTD), kemudian kami minta feling ke Dinas Bendahara PAD, feling untuk setor ke Bank Bengkulu dengan tujuan kas daerah. Sekrang retribusi masuk sudah mencapai Rp108.360 juta, melebihi target yang ditetapkan, itu semuanya tetap kita setor ke kas Daerah yang dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Bengkulu, bagian retribusi,” tutup Yulita. (461).

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com