September 26, 2021

Rekening Diblokir Kejati, Kepala Dispendik Bungkam

BDKlik.com, – Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu terus melakukan penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan alat di Dinas Pendidikan Seluma yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus atau DAK Afirmasi non fisik tahun 2020 sebesar Rp 6 miliar untuk tingkat SD dan SMP se Kabupaten Seluma.

Teranyar, Tim penyidik kabarnya telah membelokir rekening bank milik Kepala Dinas Pendidikan Seluma Emzaili Hambali dan rekening milik anak menantunya. Pemblokiran itu kabarnya rangkaian dari penyidikan pasca penyidik menggeledah Dinas Pendidikan Seluma, Rumah Pribadi Kepala Dinas Pendidikan Seluma dan Rumah Anaknya berkaitan dengan perkara tersebut.

Kasi Penkum Kejati Bengkulu Marthin Luther, SH. MH mengatakan, saat ini tim penyidik tindak pidana khusus masih terus mendalami dugaan korupsi pada pengadaan alat tersebut dan masih melakukan pemanggilan saksi-saksi untuk dimintai keterangan, termasuk akan memanggil menantu Kepala Dinas Pendidikan Seluma.

“Masih dijadwalkan untuk pemanggilan, namun saat ini penyidik masih terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi,” kata Marthin.

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan Seluma Emzaili Hambali, bungkam usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi Bengkulu pada Senin, 19 Juli 2021 dan enggan berkomentar saat diwawancarai media mengenai pemeriksaannya hari itu.

Berdasarkan informasi yang didapat media ini, saat ini tim penyidik tengah mendalami dugaan penyalahgunaan wewenang jabatan dalam dugaan korupsi dana Bos Afirmasi non fisik Seluma tahun 2020 tersebut.

Untuk diketahui, sebelumnya tim penyidik telah meminta keterangan sejumlah pihak, antara lain Kepala Dinas Pendidikan Seluma Emzaili Hambali, Juliadi Kabid SD, Sukirman Kabid SMP, Bajuri Kasi Kurikulum SD, Marwan Kasi Kurikulum SMP.

Selain itu, penyidik juga meminta keterangan puluhan Kepala Sekolah (Kepsek) SD dan SMP Negeri di Seluma dan rekanan alat prokes serta rekanan alat media pembelajaran. (Jeger)

Kepala Dinas Pendidikan Seluma, Emzaili Hambali.