November 28, 2021

Polemik BPJS Akan Masuk Ranah Hukum

BDKLIK.com,- Fitri, pemilik PAUD IT Ar-Rohman Kelurahan Bentiring, Kecamatan Muara Bagkahulu Kota Bengkulu merasa keberatan atas pendaftaran BPJS yang tidak sesuai prosedur, bila tidak ada kebijakan BPJS untuk mencabut pendaftaran dan mengaktifkan kembali status BPJS guru, Fitri akan bawa polemik ini ke ranah hukum.

“Secara prosedur semuanya ada SOP ditanyakan kepada peserta dia setuju atau tidak, jika setuju ditunggu selama 14 hari untuk melengkapi syarat, dan kita juga selaku penyelenggara harus komunikasi dengan para guru. Sementra di BPJS tidak ada prosedur tersebut,” kata Fitri saat di wawancarai, Senin (15/11/2021) siang.

Fitri mengaku, polemik antara pihak BPJS Kesehatan dan beberapa yayasan yang menaungi PAUD Kota Bengkulu masih belum menemui titik terang.

“Saya berharap dikembalikan normal, saya setuju kepesertaan BPJS, tapi cara BPJS yang tidak sesuai Prosedur, tidak bisa kami terima ketika penjelasannya tidak mengarah kepada pendaftaran. Pihak BPJS minta maaf karena petugas yang melayani merupakan orang baru, lalu kami diarahkan untuk membuat surat keberatan,” ungkap Fitri.

Fitri menuturkan, pihaknya sudah mengirim surat keberatan tentang keanggotaan BPJS yang ditanggung yayasan dengan alasan pengahasilan yayasan dibawah UMR, namun Surat keberatan yang dikirim tidak diindahkan oleh pihak BPJS yaitu dengan mengirimkan surat jawaban penolakan yang berlandaskan Perpres nomor 18 namun tidak melihat perpres lain yang bersangkutan.

“Tidak bisa bapak kepala itu cuma berlandaskan 1 perpres saja sedangkan ada perpres lain yaitu nomor 32 berisi prosedur ketika seseorang masuk keanggotaan BPJS ada waktu pantau 14 hari, harus dikomunikasikan dan gaji minimal peserta baru harus yang sesuai gaji UMR, pihak BPJS tak lakukan itu, jadi memang tidak nyambung bener,” keluh Fitri.

“Kalo memang benar-benar tidak ada kebijakan pihak BPJS, kami akan bawa keranah hukum,” tukas Fitri.

Setelah penolakan ini, Fitri masih berupaya untuk melakukan cara-cara kekeluargaan sampai status BPJS para Guru aktif dan pihak yayasan tidak dikenakan tagihan pembayaran BPJS. Tak luput Fitri juga akan terus mempelajari peraturan yang berlaku. (461)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com