November 28, 2021

Peringati Hari Baden Powell ke-164, Wawali Dedy Ajak Pramuka Berperan Aktif Atasi Masalah Sampah

BDKlik.com, – Gerakan Pramuka se Kota Bengkulu menggelar acara peringatan Hari Baden Powell ke-164 di Makodim 0407 Kota Bengkulu, Minggu (21/02/2021) malam.

Acara peringatan ini dihadiri oleh pengurus kwarda, kwarcab, kwarran, pelatih pembina, pamong saka, dan instruktur gerakan pramuka, serta kamabigus, wakamabigus dan pembina gugus depan se Kota Bengkulu dan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Kwartir 0704 Kota Bengkulu, Dandim 0407 Bengkulu Kolonel Inf Uchi Cambayong.

Dalam kegiatan ini, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi selaku Wakil Ketua Mabicab serta merangkap sebagai Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka 0704 Kota Bengkulu memberikan beberapa pesan untuk seluruh anggota, salah satunya ialah untuk turut berperan aktif dalam mengatasi permasalahan sampah.

“Melalui peringatan Baden Powell ke-164 ini, saya mengajak seluruh anggota Kwarcab Kota Bengkulu untuk ikut andil dalam permasalahan sampah. Sebagaimana diketahui, salah satu permasalahan yang kita hadapi saat ini ialah produksi sampah yang terus meningkat dan menimbulkan berbagai persoalan. Diantaranya membuat lingkungan kumuh, banjir, berbagai penyakit dan lain-lain. Kita harus memiliki kepekaan dan kepedulian dalam menangani dan menanggulangi permasalahan ini dengan bersama-sama,” ujar Dedy.

Agar dapat meminimalisir sampah, apalagi di pramuka dikenal adanya (gugus depan) gudep ramah lingkungan. Disini pramuka harus menunjukkan peran aktif gudep. Peserta didik sebagai anggota muda pramuka, harus peka dan peduli pada lingkungan.

“Tunjukkan kepekaan dan peduli pada lingkungan. Diantaranya dengan mengangkat dan mebuang sampah pada tempatnya, memanfaatkan bank sampah. Nah, bisa bayangkan dengan berapa ribu peserta didik, atau anak sekolah di Kota Bengkulu yang melakukannya maka dapat meminimalisir permasalahan sampah di kota ini,” tambah Dedy.

Diakhir kegiatan, Dedy mengatakan untuk mewujudkan anggota gerakan Pramuka Bengkulu yang berkarakter, cakap, berdaya saing dan peduli merupakan visi yang disepakati seluruh Kwarcab se-Kota Bengkulu.

“Untuk mewujudkan semua itu, kita butuh komitmen, sinergi dan dukungan semua pihak,” tutupnya. (461)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com