September 29, 2020

Penguatan Mental Pasca Pandemi Covid-19

BDKlik.Com,-Pandemi covid-19 memang belum menemukan titik penghujung bencana ini, tentunya semua orang didunia sangat berharap bencana sosial ini cepat selesai. Bukan cuma kepanikan untuk kesehatan tetapi juga berdampak kepanikan secara ekonomi. Ratusan bahkan jutaan nyawa saudara-saudara kita melayang. Tidak sedikit juga pahlawan medis kita yang menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus ini terpapar bahkan meninggal dunia.

Kita dianjurkan untuk menjaga jarak antar sesama manusia (psycal distancing) dan juga selalu menjaga kebersihan serta kesehatan tubuh. Akibat anjuran tersebut tatanan sosial kita berubah, anak-anak sekolah diliburkan dan belajar dari rumah toko-toko, pusat ekomoni, bisnis bahkah tempat-tempat beribadah di tutup. Ekonomi menjadi lumpuh karena perputaran ekonomi tidak jalan diakibatkan orang-orang di suruh di rumah saja. Bahkah beberapa negara sampai membuat kebijakan menutup seluruh akses keluar masuk negara tersebut (lockdown).

Dunia berharap pandemi ini cepat selesai, beberapa negara yang melakukan lockdown sudah membuka kembali aktifitas negaranya seperti Vietnam dan Korea Selatan. Bahkah sekolah-sekolah sudah masuk kembali dan pusat ekonomi perlahan sudah berjalan meski tidak seperti sebelum bencana sosial ini melanda.

Meskipun nantinya pandemi ini berakhir (tentu kita berharap secepatnya) kehidupan manusia bisa dikatakan dimulai dari nol lagi. Dari segi sosial pasti ada pergeseran sosial, dari segi ekonomi juga pastinya. Kita liat manusia sudah mulai mengurangi silaturahmi melalui tatap muka di ganti dengan obrolan-obrolan virtual melalui media sosial. Belanja-belanja untuk memenuhi kebutuhanpun demikian.

Mental kitapun secara tidak langsung dirubah dengan adanya musibah ini, mental-mental yang selama ini menjadikan silaturahmi tatap muka sebagai bentuk persaudaraan dirubah dengan silaturahmi secara virtual, mental kebersamaan bergeser menjadi individualis bahkah menjadi apatis. Pergeseran ini tentu merubah tatanan sosial dalam kehidupan sehari-hari selain nanti pemulihan secara ekonomi.

Perlunya treatment khusus terutama di Indonesia pasca pandemi ini untuk menegembalikan tatanan sosial manusia indonesia yang dikenal dengan kebersamaan, gotong royong dan sangat menjujung tinggi rasa persaudaraan. Agar pola kehidupan saat pandemi ini tidak berlarut pasca berakhirnya covid 19 ini nantinya.

Aan Julianda. S.H.,M.H