September 26, 2020

Pemkot Terima Hibah 1 Unit Kapal Dari Kementrian Perhubungan RI

BDKlik.Com,– Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu  mendapatkan hibah berupa kapal pelayaran rakyat dari Kementrian Perhubungan RI. Kapal itu secara simbolis diterima langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan dari Dirjen Perhubungan Laut, Selasa (14/7/2020) di Hotel Redtop Jakarta.

Kadis Perhubungan Kota Bengkulu Bardin dan Kabid Pengendalian Operasional dan Transportasi  Irwansyah ikut mendampingi Walikota Bengkulu Helmi Hasan. Pada kesempatan itu juga dilakukan penanda tanganan surat perjanjian dan berita acara serah terima hibah kapal pelayaran rakyat Tahap Multiyears Contract (MYC).

Kabid Pengendalian Operasional dan Transportasi  Irwansyah mengatakan bahwa,  kapal pelayaran rakyat itu berbobot 35 GT yang diberi nama kapal KM. Banawa Nusantara 130 dengan kapasitas 24 penumpang, 5 awak kapal, dan 10 ton muatan. Kapal diperuntukkan untuk mendukung pelayaran rakyat.

“Daerah dapat menggunakan sebagai alat transportasi, penyebrangan, dan penunjang pariwisata. Sekarang kapalnya masih di galangan kapal di Rembang, Jawa Tengah. Kita mendapatkan hibah kapal itu sesuai dengan permohonan yang kita ajukan ke Kemenhub, rencananya kapal itu akan digunakan untuk menunjang pariwisata ke pulau tikus,” jelas Kabid Pengendalian Operasional dan Transportasi  Irwansyah.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan juga menyerahkan proposal pembangunan pelabuhan/dermaga di pulau tikus. Proposal langsung diserahkan kepada Dirjen Perhubungan Laut.

Rencana pembangunan pelabuhan pulau tikus sudah masuk di rencana induk pelabuhan nasional. Sementara itu di Jakarta ia juga mendampingi Wakil Walikota Bengkulu koordinasi ke Dirjen Perhubungan Darat. Kabid Pengendalian Operasional dan Transportasi  Irwansyah.

Kabid Pengendalian Operasional dan Transportasi  Irwansyah menyatakan bahwa, Wawali silaturahmi dan koordinasi dengan Direktur Sarana Transportasi Jalan. Dalam pertemuan itu Wawali mencari peluang untuk pembangunan Kota Bengkulu di sektor transportasi darat. Salah satunya Wawali sangat konsen dengan Pengujian Kendaraan Mobile, inovasi dari Kemenhub berupa mobil yang dirancang sebagai pengujian kendaraan bermotor secara mobile.(IAL/MK)