September 26, 2020

Pemkot Targetkan Setiap Kelurahan Miliki Ambulans

BDKlik.com, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu melakukan pelatihan terhadap 32 sopir ambulan guna meningkatkan kemampuan sopir Ambulans dalam penaganan pasien Covid-19. Pelatihan yang dibuka Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty ini berlangsung di Aula Kantor Dinkes Kota Bengkulu, Sabtu (30/5/2020).

Disitu Dedy Wahyudi mengatakan, kegiatan tersebut bermaksud untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada para sopir Ambulans. Ia meminta agar seluruh sopir yang ikut dalam pelatihan dapat menjiwai karena menurutnya sopir ambulan adalah salah satu tugas mulia yaitu membantu orang sakit.

“Pelatihan ini dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan,” ujar Dedy Wahyudi.

Dedy Wahyudi juga meminta agar seluruh sopir Ambulans selalu siap dan standby. Sehingga apabila ada panggilan mendesak dan mendadak sopir harus cekatan dan sigap dalam menjalankan tugas. Karena mengingat tugas sopir ini taruhannya adalah nyawa pasien apabila terlambat dalam penjemputan.

“Jadi saya ingin semuanya bekerja maksimal dan menjalankan tugas sesuai dengan arahan Kepala Dinkes,” jelas Dedy Wahyudi.

Dedy Wahyudi mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tahun 2020 telah menganggarkan 20 unit Ambulans. Bahkah Pemkot menargetkan setiap Kelurahan di Kota Bengkulu punya ambulan sendiri.

“Semua telah kita anggarkan pada tahun 2020 ini, kita targetkan nantinya setiap Kelurahan memiliki ambulans agar masalah transportasi tidak menjadi beban keluarga,” ungkap Dedy Wahyudi.

Sementara, Kepala Dinkes Kota Bengkulu menuturkan pelatihan ini terdiri dari 4 sesi dengan rincian masing-masing 8 orang dengan total 32 sopir. Para sopir ini terlebihdahulu diberikan teori setelah itu langsung praktek penanganan pasien Covid-19.

“Kemudian cara menggunakan alat pelindung diri (APD), agar sopir terhindar dari virus Covid-19 saat melakukan penjemputan,” terang Susilawaty.

Pada kesempatan ini, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi memberikan APD kepada salah satu sopir ambulan secara simbolis. (461)