September 26, 2021

Pedagang Pakaian Pantai Panjang Datangi DPRD Kota Bengkulu Minta Direlokasi Kembali

BDKlik.Com,-Pasca direlokasi ke lahan di belakang Hotel Grage Bengkulu beberapa waktu lalu, puluhan pedagang pakaian yang sebelumnya berdagang di sekitar kawasan pasir putih Pantai Panjang, mendatangi DPRD Kota Bengkulu. Di hadapan Dewan, para pedagang ini meminta agar mereka dapat dipindahkan kembali ke tempat yang lebih representatif, Senin (08/03/21).

“Lokasi sekarang ini rawan banjir dan jarang didatangi pengunjung sehingga membuat dagangan kami tidak laku. Kami minta dikembalikan ke pasir putih atau ke tempat yg lebih layak,” kata salah seorang pedagang.
Menanggapi hal itu, Plt. Kadis Pariwisata Amrullah mengatakan Pemerintah Kota pada prinsipnya tidak melarang pedagang untuk berdagang di sepanjang kawasan Pantai Panjang. Namun, Pemerintah Kota ingin agar kawasan ini lebih tertib dan rapi.

“Kami telah membuat perencanaan, dengan mensinergikan antara pedagang pakaian dengan pedagang kuliner. Nanti kita selang seling ada pedagang pakaian dan pedagang makanan. Tujuannya agar Pantai Panjang lebih rapi dan indah,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Komisi 2 Indra Sukma Samosir yang memimpin Audiensi ini meminta Dinas Pariwisata dapat menata kembali pedagang agar dapat memgakomodir kepentingan semua pihak. Dewan memberi catatan akan memberikan dukungan terhadap kegiatan usaha yang mendukung pariwisata, misalnya baju yang berciri khas Bengkulu dan kegiatan usaha ekonomi kreatif lainnya.

“Bisa saja pedagang pakaian berjualan kaos dengan corak dan ciri khas Bengkulu. Ini untuk mendukung pariwisata juga,” pungkasnya. (AGL).