September 26, 2021

Pasca Penggeledahan, Kejati Periksa Kadis Dispendik Seluma Berikut Anaknya

BDKlik.com, – Pasca melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Seluma dan Rumah Pribadi Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Seluma Emzaili Hambali, dan Rumah anak Kadis tersebut. Tim penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu memeriksa lagi Kadis Emzaili berikut anaknya, Senin (19/7/2021).

Pantauan di lapangan, anak Kadis yang diperiksa penyidik datang terlebih dahulu memenuhi panggilan penyidik untuk dimintai keterangan. Tak lama kemudian Kadis datang dan masuk ke Kantor. Kejati Bengkulu.

Belum diketahui pasti kapasitas anak Kadis tersebut diperiksa penyidik. Namun berdasarkan informasi terhimpun, anak menantu Kadis yang diperiksa penyidik merupakan Mantan Karyawan Biru Komputer.

Kadis Pendidikan Seluma, Emzaili Hambali usai keluar dari Kejati Bengkulu mengatakan, krdatangannya hanya sebatas koordinasi.

“Koordinasi saja,” singkat Emzaili Hambali sembari meninggalkan Kantor Kejati Bengkulu.

Sebelumnya, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tingggi (Kejati) Bengkulu Pandoe Pramoe Kartika SH.MH menegaskan, pengusutan dugaan korupsi pengadaan alat untuk tingkat sekolah SD dan SMP di Dinas Pendidikan Seluma yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi non fisik tahun 2020 kurang lebih senilai Rp 6 miliar sudah penyidikan.

Penggeledahan yang dilakukan penyidik merupakan rangkaian dari penyidikan.

“Sejumlah dokumen yang diamankan selanjutnya akan diteliti penyidik,” ungkap Pandoe Pramoe Kartika.

Informasi yang diperoleh media ini, dalam perkara ini, penyidik mendalami dugaan penyalahgunaan wewenang jabatan dalam kasus dana Bos Afirmasi non fisik Seluma tahun 2020 tersebut.

Diketahui, sebelum naik penyidikan dan masih ditingkat penyelidikan, tim penyidik telah meminta keterangan sejumlah pihak, antara lain Kadis Diknas Seluma Emzaili Hambali, Juliadi Kasi Kurikulum SD dan Sukirman Kabid SMP.

Selain itu, penyidik juga meminta keterangan puluhan Kepala Sekolah (Kepsek) SD dan SMP Negeri di Seluma dan rekanan alat prokes dan rekanan alat media pembelajaran juga sudah diperiksa. (Jeger)

Anak Kadis Dispendik Seluma saat datang ke Kejati Bengkulu.