September 29, 2020

Mobil Bermuatan 600 KG Lobster Diamankan

BDKlik.Com, – Anggota Tindak Pidana Tertentu (Tipdter) Polres Kaur Polda Bengkulu mengamankan satu unit mobil Mitsubitshi L 300 Nopol BE 8194 XC bermuatan udang laut atau lobster 600 Kilo Gram (KG) segar yang akan menuju ke Provinsi Lampung, Senin (18/5/2020).

Kasat Reskrim Iptu Pedi Setiawan SH, mengatakan, mobil yang diamankan berserta sopirnya berinisial EL (45) warga Kota Krui Pesisir Barat itu membawa  drum berisikan 600 Kg udang segar dan diawetkan menggunakan air laut dari Kabupaten Kaur dengan tujuan Provinsi Lampung.

Mobil tersebut diamankan saat melintas di kawasan Taman Bineka, Senin sekira pukul 06.00 WIB ketika akan membawa udang lobster ke Lampung. Saat dilakukan pemeriksaan mobil itu berisi lobster yang bobotnya dibawah 2 ons dan itu menyalahi prosedur.

“Bila terbukt membawa udang lobster bisa dijerat dengan pidana sesuai dengan Peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Permen KP) tentang pengelolaan Lobster, kepiting dan rajungan,” kata Pedi Setiawan.

Pedi Setiawan menegaskan, selain permen KP, juga melanggar pasal 92 UU RI nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan. Penyidik masih memeriksa sopir dan juga kenek yang menjadi saksi dalam aksi penyelundupan lobster itu.

“Untuk jumlahnya belum kita lakukan penghitungan, saat ini kondisi lobster yang kita amankan dalam kondisi masih hidup,” ungkap Pedi Setiawan.

Pedi Setiawan menambahkan, pihaknya juga akan memanggil tim ahli untuk melakukan pengukuran termasuk juga penghitungan jumlah lobster yang masih diletakkan di dalam drum disusun dalam mobil itu. Dari beberapa ekor sample yang diambil oleh pihaknya dan dilakukan pengukuran ternyata bobot lobster tak sampai 2 ons yang selayaknya belum diperjual belikan.

“Nanti kita hitung termasuk juga dilaukan pengukuran ulang, kita juga akan kembangkan siapa siapa yang membeli lobster dari tangan nelayan di Kabupaten Kaur,” jelas Pedi Setiawan. (461/Humas Polda).