January 16, 2021

Membanggakan,Pemkot Bengkulu Dapat Tiga Penghargaan Dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia

BDKlik.Com,– Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pengelolaan keuangan daerah dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) serta penghargaan peringkat terbaik kedua kategori pelaksanaan pelaporan keuangan Pemda tahun anggaran 2019 dan Penghargaan peringkat terbaik kedua kategori Pemda pengelola SIKP KUR terbaik tahun anggaran 2019.

Kementerian Keuangan melalui Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu Ismed Saputra menyerahkan langsung penghargaan kepada Plt Walikota Dedy Wahyudi di ruang kerja Walikota, Kamis (12/11/2020).

Penghargaan dalam bentuk piagam diterima atas keberhasilan Pemkot Bengkulu dalam menyusun dan menyajikan pengelolaan keuangan dengan opini WTP.

Dalam hal ini, Kepala Kanwil Ditjen Perbedaharaan Provinsi Bengkulu Ismed Saputra mengatakan bahwa pengahargaan tersebut diberikan kepada Pemkot Bengkulu yang telah berhasil mengelola keuangan daerah.

“Penghargaan ini ialah bentuk apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan RI, yang sangat tidak mudah dilakukan dalam mempertahankan opini WTP,” ujar Ismed.

Ismed menambahkan bahawa ada 3 penghargaan yang diberikan Penkot Bengkulu.

“Ada 3 penghargaan yang didapatkan Pemkot Bengkulu diantaranya ialah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pengelolaan keuangan daerah dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) serta penghargaan peringkat terbaik kedua kategori pelaksanaan pelaporan keuangan Pemda tahun anggaran 2019 dan Penghargaan peringkat terbaik kedua kategori Pemda pengelola SIKP KUR terbaik tahun anggaran 2019. Penghargaan tersebut sesuai dengan aspek yang telah dicapai Pemkot Bengkulu perkategorinya,” tambah Ismed.

Seusai penyerahan penghargaan, Dedy merasa bangga dengan apresiasi yang diberikan oleh Kemenkeu melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu.

“Alhamdulillah ini sebuah prestasi Pemkot Bengkulu dengan kerja keras dan disiplin. Langkah ini juga membutuhkan sinergi dan koordinasi dari seluruh unsur pemangku kepentingan yang bisa menyajikan laporan keuangan yang sangat berkualitas dari Pemkot Bengkulu. Biasanya dari penghargaan ini kita mendapatkan reward berupa uang sebesar 40 miliar, tapi karena saat ini masih pandemi reward itu belum pasti. Walaupun begitu kami akan tetap semangat memberikan yang terbaik untuk Pemkot Bengkulu,” ujar Dedy.

Dedy juga mengungkapkan sebagai peningkatan akuntabilitas kedepan pihaknya selalu mohon arahan serta bimbingan dalam meningkatkan profesionalisme kami sebagai aparatur pemerintah dalam meningkatkan kinerja.

“Kami bersama seluruh jajaran OPD telah mampu meraih opini WTP. Mengemban opini WTP bukan hal ringan, tetapi ini menjadi tantangan dan motivasi untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah dan aspek pada bidang lainnya,” jelasnya. (AGL/MK)