October 20, 2021

Makin Canggih, BPBD Akan Miliki Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami

BDKLIK.com, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu dalam waktu dekat akan memiliki alat pendeteksi dini untuk gempa bumi dan tsunami. Alat tersebut merupakan bantuan Pemerintah Pusat melalui Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) yang memiliki perangkat Warning Receiver System atau sistem penerima peringatan dini informasi gempa bumi dan tsunami.

Kepala Pelaksana BPBD Selupati mengatakan, alat itu akan diterima dalam minggu ini, Menurutnya, tidak semua daerah mendapat alat canggih itu, sementara Kota Bengkulu mendapatkan itu karena tercatat daerah yang rawan bencana.

“Alat ini masih dalam perjalanan, kemungkinan minggu ini akan tiba di Kota Bengkulu. Alat ini kita dapat karena Kota Bengkulu termasuk wilayah yang rawan bencana dan tidak semua BPBD dapat alat ini,” sampai Selupati.

Selupati mengungkapkan alat itu merupakan peringatan dini gempa bumi dan tsunami yang terhubung langsung dengan BMKG. Jadi, setiap hitungan detik gempa yang terekam pasti akan muncul.

“Jadi ini terhubung dengan BMKG pusat, di semua daerah kalau memang terjadi gempa magnitudo berapa, episentrum berapa itu muncul disini, ketika itu masuk di wilayah Kota Bengkulu maka di perangkat ini sudah terhubung peringatan dini dan lebih akurat,” ungkapnya.

Dengan adanya alat ini, Selupati menambahkan bahwa masyarakat bisa mewaspadai dan bersiap siaga peringatan dini gempa bumi dan tsunami.

“Walaupun begitu, kita berharap tidak ada terjadi bencana di Kota Bengkulu. Semoga kota ini dijauhkan dari hal-hal tersebut dan dilindungi oleh yang maha kuasa,” tutupnya. (Jeger)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com