January 20, 2022

Kusmito Sebut RUPS Bank Bengkulu Tak Sah

BDKLIK.com, – Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu, Kusmito Gunawan angkat bicara soal Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Bengkulu yang dilaksanakan pada, Kamis (09/12/2021) lalu.

“Walikota sudah menyurati BPD berkenaan dengan pertanyaan ketika RUPS-LB yang dilakukan BPD beberapa hari lalu,” kata Kusmito, Rabu (15/12/2021).

Kusmito menerangkan, bahwa ketika membaca pada surat BPD nomor 05 RUPS-LBDK 2021 yang menyimpulkan bahwa tegas dalam UU 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas khususnya pada pasal 82 angka 5 dikatakan bahwa keputusan rapat itu sah apabila disetujui dan dihadiri oleh seluruh pemegang saham baik secara langsung atau diwakilkan pimpinan mandat.

“Nah kita mengklarifikasi ada apa ketika pak Walikota sampai begitu serius menanyakan soal keabsahan rapat tersebut,” terangnya.

Kusmito menyampaikan, bahwa ternyata ketika pihaknya menanyakan ke Pemerintah Kota melalui Sekda dan Asisten pada saat rapat ternyata yang pertama, tidak ada surat mandat yang dikeluarkan Walikota, hal ini yang menjadi pertanyaan besar.

“Mandat mana yang dimaksudkan BPD, kemudian yang kedua tidak sampai 14 hari surat undangan diserahkan sebelum pelaksanaan rapat, hanya 6 hari sebelum pelaksanaan rapat undangan diserahkan.
Yang kedua itu ada prosedur hukum menurut kita yang menjadi penting. Yang pertama apakah ada pihak tertentu atau siapapun itu yang memalsukan mandat surat Walikota Bengkulu, lalu yang kedua pada faktanya bahwa  ketika tidak ada surat mandat berarti tidak diakui kehadiran siapapun itu,” tukas Kusmito.(461)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com