January 16, 2022

Kepsek dan Bendahara Ditetapkan Tersangka Korupsi DAK

BDKLIK.com, – Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Bengkulu Selatan menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu tahun 2019 di SMKN 5 Bengkulu Selatan.

“Kedua tersangka yang sudah ditahan tersebut yakni sebelumnya Kepala SMKN 5 BS, IM dan terbaru bendahara SMKN 5 BS, MA,” kata Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Juda Trisno Tampubolon SH SIK MH, Sabtu (23/10/2021).

Kapolres Bengkulu Selatan menuturkan, penyidik akan terus melakukan pengembangan dan membidik calon tersangka baru.

Tersangka Kepsek dan bendara SMKN 5 tersebut ditetapkan tersangka lantaran di sekolah tersebut pada tahun 2019 mendapat kucuran DAK dari pemerintah pusat sebesar Rp 2,7 miliar.

Dana tersebut untuk pembangunan dua ruang praktik siswa jurusan teknik audio video dan teknik sepeda motor dengan anggaran Rp 1,8 miliar serta pembangunan satu gedung lagi dengan anggaran Rp 918 juta.

Pekerjaan proyek tersebut diswakelolakan kepada pihak sekolah. Pada realisasinya, ada beberapa kendala. Seperti upah pekerja tidak dibayarkan secara penuh serta kekurangan item volume bangunan.

Berdasarkan penyidikan dan hasil audit BPKP Perwakilan Bengkulu diketahui kerugian negaranya Rp 570 juta.

“Kedua tersangka ditahan di Mapolres Bengkulu Selatan guna menjalani proses lebihlanjut,” jelas Kapolres. (461).

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com