Kepala Basarnas Imbau Waspada Fenomena LA NINA

BDKLIK.com, – Basarnas Provinsi Bengkulu imbau masyarakat Provinsi Bengkulu waspada fenomena LA NINA yaitu suhu di muka laut samudra pasifik bagian tengah yang mengalami pendinginan di bawah kondisi normal.

Fenomena LA NINA akan menyebabkan iklim yang lebih dingin di sebagian wilayah Barat dan Timur Afrika, Jepang, sebagian besar pantai Barat Amerika Serikat, dan Brazil bagian Selatan termasuk juga wilayah Indonesia khusunya di daerah Bengkulu, karna Provinsi Bengkulu merupakan daerah pantai.

Kepala Basarnas Provinsi Bengkulu, Ibnu Haris Al Hussain mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG bahwa daerah Bengkulu termasuk daerah yang terkena dampak LA NINA.

“Jadi akan terjadi bencana metrologi baik itu hujan deras yang mengakibatkan banjir, tanah longsor dan angin kencang,” kata Hussain.

Hussain menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait, serta siaga bencana. Personil, peralatan baik alat darat, peralatan air dan kapal dan peralatan-peralatan eksekusi apabila terjadi longsor, Basarnas sudah siap melakukan penanganan.

“Kami mengimbau masyarakat selalu hati-hari
baik dalam perjalanan dan aktivitas-aktivitas yang berisiko. Apabila melakukan perjalanan yang pertama adalah alat komunikasi, terutama bagi nelayan harus siapkan alat-alat keselamatan,” ungkap Hussain.

Hussain menambahkan, apabila memerlukan pertolongan Basarnas, masyarakat dapat menghubungi nomor 115 atau nomor telepon 5500666.

“Isya Allah personil kita siap 24 jam untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan operasi SAR,” tutup Hussain. (461).

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com