September 26, 2021

Kejati Geledah Kantor Dinas Pendidikan, Aspidsus: Kasusnya Sudah Penyidikan

BDKlik.com, – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Agnes Triani, SH. MH melalui Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tingggi (Kejati) Bengkulu Pandoe Pramoe Kartika SH.MH menegaskan bahwa benar, tim penyidik Pidsus melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma.

Penggeledahan tersebut berkaitan dengan perkara dugaan korupsi pengadaan alat untuk tingkat sekolah SD dan SMP di Dinas Pendidikan Seluma yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi non fisik tahun 2020 kurang lebih senilai Rp 6 miliar.

“Iya tadi kita melakukan penggeledahan di Dispendik Seluma,” kata Pandoe Pramoe Kartika saat dikonfirmasi, Jumat (16/7/2021).

Pandoe Pramoe Kartika menuturkan, sejumlah dokumen yang disita penyidik dalam penggeledahan. Penggeledahan tersebut merupakan rangkaian dari perkara yang statusnya sudah resmi naik penyidikan per tanggal 13 juli 2021.

“Sejumlah dokumen yang diamankan selanjutnya akan diteliti penyidik,” ungkap Pandoe Pramoe Kartika.

Informasi yang diperoleh media ini, dalam perkara ini, penyidik mendalami dugaan penyalahgunaan wewenang jabatan dalam kasus dana Bos Afirmasi non fisik Seluma tahun 2020 tersebut.

Diketahui, sebelum naik penyidikan dan masih ditingkat penyelidikan, tim penyidik telah meminta keterangan sejumlah pihak, antara lain Kadis Diknas Seluma Emzaili Hambali, Juliadi Kasi Kurikulum SD dan Sukirman Kabid SMP.

Selain itu, penyidik juga meminta keterangan puluhan Kepala Sekolah (Kepsek) SD dan SMP Negeri di Seluma dan rekanan alat prokes dan rekanan alat media pembelajaran juga sudah diperiksa. (Jeger)

Berkas yang disita penyidik dari Dinas Pendidikan Seluma