Ingat Tiga Orang yang Sempat Diamankan BNNP Bawa Ganja 142 Kg?, Dua Diantaranya Dibebaskan

BDKLIK.com, – Masih ingat ? Kasus dugaan penyeludupan 142 Kg ganja dari Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat ke Provinsi Bengkulu yang berhasil gagalkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu di Jalan Raya Curup-Lubuk Linggau tepatnya di Kelurahan Pasar Ulak Tanding Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Jumat (15/10/2021) lalu.

Kini perkaranya sudah bergulir ke meja hijau dan disidangkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu. Dari tiga orang yang diamankan BNNP Bengkulu yakni RY (24) sebagai sopir truk, AR (29) dan EN (39) sebagai penumpang truk dua diantaranya yakni AR dan EN dibebaskan, karena tidak terlibat dalam penyelundupan berdasarkan penyidikan dan hanya satu orang yakni RY yang terbukti dan akan segera menjalani sidang penuntutan di Pengadilan Negeri Bengkulu pada 25 Januari 2022 mendatang.

“Saat itu yang diamankan BNNP Bengkulu tiga orang, namun berdasarkan penyidikan BNNP yang terbukti hanya satu yakni RY sedangkan dua orang lainnya tidak tahu menahu karena keduanya hanya menumpang, jadi dibebaskan saat penyidikan,” kata Kasi Penkum Kejati Bengkulu, Ristianti Andriani, SH.MH, Kamis (20/1/2022).

Ristianti menambahkan, barang bukti keseluruhan setelah dihitung sebanyak 142 Kg lebih, dan tidak sampai 143 Kg. Terdakwa RY dalam perkara ini, disangkakan Pasal 114 ayat 2 jucto pasal 132 subsider Pasal 114 ayat 2 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Diketahui sebelumnya, modus operandi tersangka dalam menyelundupkan ganja itu yakni dengan memasukkan 6 buah karung ganja dengan rincian 5 karung berisi 25 bal ganja dan 1 karung berisi 18 bal ganja ke bak mobil dan ditumpuk dibawah pakan ayam guna mengelabui petugas. (461)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com