September 25, 2020

Hujan Deras, Ratusan Rumah Banjir, Jalan Tertutup Longsor

BDKlik.Com, – Hujan deras yang cukup lama, membuat ratusan rumah dari empat desa di Kabupaten Kaur terendam banjir, bahkan ruas jalan nasional ikut diterjang longsor akibat hujan yang menerpa Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

Kepala BPBD Kabupaten Kaur, Ujang Syafri saat dihubungi via telpon membenarkan adanya ruas jalan nasional yang terletak di Desa Seranjang, Kecamatan Semidang Gumay, Kabupaten Kaur sempat tertutup longsor berupa tanah dan material batu berukuran besar.

“Longsor terjadi malam hari, alat berat sudah diterjunkan dibantu aparat kepolisian akhirnya jalan saat ini sudah normal kembali,” ujar Ujang Syafri, Sabtu (6/6/2020).

Antrean kendaraan sempat terjadi beberapa kilometer  saat petugas melakukan pembersihan jalan dari material longsor menggunakan alat berat.

Sedangkan empat desa yang terendam banjir akibat hujan tersebut adalah Desa Kepahiang, Desa Babat, Desa Pagar Dewa dan Desa Tanjung. Sedikitnya ada ratusan rumah ikut merasakan dampak dari banjir tersebut. Ujang mengatakan banjir mencapai ketinggian sekitar 50 sentimeter lebih telah dilakukan evakuasi.

Diketahui banjir terjadi akibat meluapnya sungai di sekitar desa. Meluapnya sungai terjadi akibat hujan yang cukup deras sementara kawasan di hulu sungai tidak mampu menahan laju air. Ditambah rusaknya hutan yang berada dihulu sungai yang ikut memicu terjadinya banjir. Namun akibat kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa sedangkan kerugian masih di taksir pihak BPBD kabupaten Kaur.(813)