September 26, 2020

Gubernur : Kedisiplinan Kunci Utama Cegah Penyebaran Covid-19

BDKlik.Com, – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebutkan syarat dan kunci utama dalam mencegah penyebaran Covid-19 atau Virus Corona adalah kedisiplinan, karena menurutnya melawan Corona tidak seperti melawan penjajah pada waktu jaman perang tetapi kedisiplinan terhadap diri sendiri. Hal ini disampaikan Rohidin Mersyah saat ngevog bareng BDTV Cacam Nian di Gedung Daerah, Jumat (1/5/2020).

Rohidin Mersyah menerangkan, Covid-19 memang sudah menjadi pandemi, korban jiwanya sudah luar biasa, tidak hanya di Indonesia tapi di dunia yang dampaknya sangat luar biasa melebihi peperangan sesungguhnya dalam artian tidak seperti jaman penjajahan. Kalau jaman penjajahan mungkin cuma sebuah negara dan itupun pilih-pilih seperti anak-anak dan lansia tidak menjadi sasaran, tetapi kalau Covid-19 ini tidak tebang pilih dan tidak butuh apa-apa Covid-19 hanya butuh nyawa. Maka kewaspadaan harus sangat tinggi, hati-hati dan kuncinya sederhana yaitu disiplin.

“Ketika disiplin ini menjadi sebuah kebiasaan dan menjadi komitmen bersama baik Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya serta masyarakat maka kasus corona ini akan selesai,” terang Rohidin Mersyah.

Rohidin Mersyah menjelaskan, memang peperangan melawan corona terkesan menyeramkam karena tidak nampak dan terlihat oleh mata. Maka dari itu kedisiplinan seperti mencuci tangan, biasakan pola hidup sehat dilingkungan masing-masing serta mengikuti anjuran dan kebijakan pemerintah. Menghadapi virus ini tidak harus menyiapkan pasukan khusus dengan strategi khusus tetapi dari diri kita masing-masing yang harus saling menjaga dan biayanya tidak mahal.

“Kenapa harus cuci tangan, karena dengan cucitangan kuman ini mati dan tidak masuk kedalam tubuh kita. Misalnya ketika kita memegang mulut, mata saat tangan kita bersih maka virus tidak akan masuk. Kemudian kalau keluar rumah harus menakai masker agar kuman yang ada pada kita tidak pindah ke orang dan begitu juga sebaliknya. Sebenarnya sederhanya untuk mengatasi ini tetapi itu kuncinya harus disiplin. Memang dampaknya sangat luar biasa, seperti perekonomian juga ikut teganggu dengan adanya virus ini,” jelas Rohidin Mersyah.

Kemudian, sambung Rohidin Mersyah, seperti mudik dari daerah lain untuk kali ini kalau bisa ditunda dulu karena dikhawatirkan jika mudik dikhawatirkan membawa kuman.

“Maka tahan dulu tidak usah mudik untuk kali ini saja demi kepentingan bersama. Tapi memang dari dulu orang mengatakan disiplin itu mahal yang kadang-kadang menjadi barang yang langka tetapi saya harapkan seluruh masyarakat untuk menanamkan kedisiplinan untuk mencegah dan menghadapi ini bersama-sama,” demikian Rohidin Mersyah. (461)

Leave a Reply