Gubernur : Batik Besurek Kita Itu Cacam Nian Dikanca Nasional

BDKlik.Com, – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menargetkan selain akan pengembangan perekonomian di sektor pariwisata dengan membuka aksesbilitas dan membebaskan Bengkulu dari terisoliran, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga menargetkan pengembangan di sektor industri ekonomi kreatif yaitu kain Batik Besurek Bengkulu yang telah diakui dikanca Nasional yang menurut Gubernur Cacam Nian. Hal ini disampaikan Gubernur saat Ngevlog bareng BDTV Cacam Nian di Gedung Daerah, Jumat (1/5/2020).

Rohidin Mersyah menerangkan, untuk idustri kreatif Provinsi Bengkulu memiliki fasion yaitu kain Batik Besurek. Setelah diangkat dua tiga tahun terakhir kain batik besurek diakui oleh Perhimpunan Ahli Batik Nusantara, setelah dilakukan riset kain Batik Besurek menurut Perhimpunan Ahli Batik Nusantara memiliki filosofi kuat dengan warga yang sangat elegan.

“Itu mereka menyimpulkan, ini apa bukan Cacam Nian (Bagus Sekali), dalam situasi yang tidak kita duga sama sekali. Maka tahun 2018 kemaren tanpa sentuhan kita, tanpa promosi kita, tanpa dimodali oleh kita kain Batik Besurek Bngkulu dijadikan tema hari batik Nusantara, exsotika kain batik Besusrek Bengkulu, itu mereka yang mengakui, mereka yang melakukan, dilakukan di Mall Casablanca satu minggu, fasion show anak-anak sampai dewasa Kementrian Pariwisata yang melakukan itu karena melihat Cacam Nian. Ini industri ekonomi kreatif yang selama ini belum kita buka dan mereka mengatakan ini yang membuat Bengkulu beda dengan Provinsi lain,” kata Rohidin Mersyah.

Padahal, sambung Rihidin Mersyah, untuk batik ini ada Batik Jawa, Batik Pekalongan dan sebagainya, tetapi dengan munculnya kain Batik Besurek Bengkulu ada yang Cacam Nian. Menurut Rohidin Mersyah, ini orang melihat perubahan dari tidak ada menjadi sesuatu yang Cacam Nian, yang semula tidak punya akses menjadi pusat pertumbuhan investasi.

“Saya yakin betul dari sisi investasi ketika aksesbilitas Bengkulu dibuka nanti Bengkulu akan menjadi teras berendo, ekonomi baru dikawasan barat dengan Samudra Hindia dengan Pelabuhan besar Pulau Baii terintegrasi debgan kawasan ekonomi khusus ini akan menjadi beranda empat Provinsi Besar,” jelas Rohidin Mersyah.

Untuk diketahui, Provinsi Bengkulu baru-baru ini di nobatkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai Provinsi terbaik kedua se- Indonesia karena dinilai berhasil mengembangkan industri ekonomi kreatif salah satunya industri Batik Bedurek, serta revitalisasi wisata alam dalam mendukung ketahanan sektor pariwisata Bengkulu. (461)

Leave a Reply