September 26, 2021

DPRD: Program Pembangunan Banyak Berubah Akibat Refocusing

BDKlik.com – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu Indra Sukma menyebutkan kegiatan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu berdasarkan pengawasan DPRD Kota Bengkulu mengalami perubahan rencana program pembangunan usai anggaran direfocusing untuk penanganan Covid-19.

“Awalnya total anggaran di Dinas PUPR Rp 100 miliar, namun dikarenakan adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 dan suntik vaksin, anggaran terpakao Rp 11 miliar, kemudian sisanya digunakan untuk pembangunan Balai Kota dan Masjid di daerah Air Sebakul,” kata Indra Sukma, Senin (14/6/2021).

“Dari pergeseran anggaran tersebut  sehingga kegiatan yang berada di Dinas PUPR banyak berubah pasca terjadi refocusing kemarin,” ucap Indra Sukma.

Akhirnya, sambung Indra Sukma, kegiatan di Dinas PUPR lebih banyak melakukan perbaikan di gedung dan perbaikan jalan lingkungan dengan hotmix seperti di jalan Regional Sebakul.

Selain itu, anggaran untuk pembangunan gedung dibutuhkan biaya Rp 50 miliar dan pembangunan masjid di Air Sebakul Rp 10 miliar.

“Sementara untuk sisanya digunakan untuk perbaikan jalan lingkungan,” tutup Indra Sukma.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Bengkulu Nofrisman mengatakan, untuk tahun ini perbaikan jalan lingkungan yang sempat tertunda dan belum tertangani sudah selesai dikerjakan . Selain itu ada juga pengerjaan jalan di Enggano dan jalan regional Air Sebakul semua pengerjaan ini dengan anggaran Rp 5 miliar yang bersumber dari APBD.

Noprisman menuturkan, terkait pembangunan Balai Kota dan Masjid di Air Sebakul sedang menunggu tata ruangnya untuk disahkan. Apabila nanti sudah disahkan maka akan dilakukan pengerjaan.

“Insya Allah tahun ini sudah dapat dilakukan pengerjaan tinggal menunggu pengesahan tata ruangnya,” terang Noprisman. (461)