September 26, 2020

Ditunda Tahun Depan, Jamaah Haji Bisa Meminta Pengembalian Biaya Keberangkatan

BDKlik.com, – Setelah menunggu cukup lama, akhirnya pemerintah resmi mengumumkan penundaan ibadah haji tahun 2020. Sebanyak 1636 calon jemaah haji Bengkulu akan diberangkatkan dalam musim haji tahun depan.

Meski demikian, jamah bisa meminta pengembalian biaya keberangkatan yang sudah dibayar lunas dengan syarat menunjukkan bukti setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) yang dikeluarkan pihak bank, kemudian memperlihatkan buku tabungan asli yang masih aktif atas nama jamaah,
foto copy asli KTP serta melampirkan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Terkait ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat diwawancarai, Selasa (2/6/2020) mengatakan, keputusan penundaan tersebut tentunya sudah melalui kajian matang dari Pemerintah Pusat sehingga Gubernur meminta kepada para jamaah haji untuk tetap tenang.

“Pemerintah telah memutuskan melalui Menteri Agama, jadi jamaah yang sudah bayar tahun ini akan diberangkatkan tahun depan. Saya kira tidak masalah dan para jamaah juga bisa mengambil biaya keberangkatan. Mudah-mudahan tetap tercatat amalnya itu, nianya sudah bayar tapi belum bisa berangkat, niat hajinya sudah sampai insya Allah ya kan gitu,” ungkap Rohidin Mersyah. (461)