September 24, 2020

Ditengah Pandemi COVID-19, Gubernur Bengkulu Pastikan ASN dan Honorer Tetap Terima THR

BDKlik.Com,- Wabah COVID-19 belum selesai walaupun sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri. Walaupun demikian Gubernur Bengkulu telah mengeluarkan kebijakan terkait THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Honorer di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu

Gubernur Bengkulu  menjelaskan khusus Aparatur Sipil Negara (ASN) nanti Sekretaris Daerah dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan Kementerian Keuangan. Sebab ada aturan pemerintah pusat, terkait kriteria ASN yang berhak mendapatkan THR. 

“Sekda segera konsultasikan, jika aturannya sudah jelas saya minta dalam minggu ini dapat segera dibayarkan khusus kalangan ASN,” jelas Gubernur Rohidin, saat dihubungi via whatsapp, Selasa (12/5).

Lebih lanjut, untuk tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, memang sejak awal anggarannya sudah disiapkan dan tidak perlu lagi menunggu petunjuk pemerintah pusat sebab ini kebijakan pemerintah daerah. 

“Silahkan segera dibayarkan, untuk honorer di lingkungan pemda. Anggarannya sudah tersedia dan ini juga merupakan kebijakan internal kita (Gubernur). Nanti, setiap honorer mendapatkan THR satu bulan gaji, sebagaimana besaran honor yang mereka terima setiap bulannya,” terang Gubernur Rohidin.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengungkapkan dirinya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan, terbitnya PP nomor 24 tahun 2020 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2020 sudah sangat jelas, bahwa ASN yang berhak menerima yaitu tidak memiliki jabatan setara fungsional ahli utama. 

Sedangkan, untuk Honorer di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu anggarannya sudah tersedia, tinggal nanti mekanismenya  OPD terkait memasukkan permohonan di BPKAD, sehingga dapat segera dicairkan. 

“Dalam PP yang sudah terbit, kriteria ASN penerima THR cukup jelas. Dengan begitu, dapat segera dibayarkan, melalui proses permohonan dari OPD terkait ke bagian keuangan. Sama halnya dengan THR Honorer, anggarannya sudah siap, bahkan dari jauh hari. Tinggal nanti, OPD terkait berkoordinasi dengan BPKAD bagaimana mekanismenya,” ungkap Sekda. (Release/MP)