September 24, 2020

Dilarang Mudik, Penjagan Pintu Masuk Bengkulu Diperketat

BDklik.Com, – Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu melalui Operasi Ketupat Nala 2020 akan memperketat pintu masuk ke Provinsi Bengkulu terutama perbatasan dengan Daerah tetangga yang sudah dilaksanakan sejak 24 April dan akan berakhir pada 31 Mei mendatang dengan maksud mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman melalui Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol. Sudarno, Minggu (26/4/2020) mengatakan, terdapat lima pintu perbatasan yang penjagaannya diperketat diantaranya, perbatasan Bengkulu-Lampung di Kabupaten Kaur, Bengkulu-Pagar Alam, Sumatera Selatan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kemudian perbatasan Bengkulu-Kabupaten Lahat Sumatera Selatan di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu-Lubuk Linggau di Kabupaten Rejang Lebong dan Bengkulu-Sumatera Barat di Kabupaten Mukomuko.

“Penjagaan yang diperketat itu untuk mencegah pergerakan warga, baik masuk maupun yang keluar dari Provinsi Bengkulu,” kata Sudarno.

Sudarno menerangkan, untuk memaksimalkan pengawasan setiap pergerakan warga maupun kendaraan masuk atau keluar Provinsi Bengkulu, maka di setiap titik perbatasan itu akan didirikan pos khusus jaga dan penjangaannya 24 jam. Dalam hal ini, setiap kendaraan yang membawa penumpang baik itu kendaraan umum maupun kendaraan pribadi akan dilakukan pemeriksaan sedetail mungkin. Jika dalam pemeriksaan itu ditemukan ada yang mau mudik maka akan diberhentikan dan dimintak untuk putar balik dan tidak diijinkan melanjutkan perjalanan.

Sudarno menerangkan, kendaraan yang diperbolehkan masuk ke Provinsi Bengkulu hanya kendaraan yang mengangkut kebutuhan logistik ataupun kebutuhan pokok untuk masyarakat. Pihaknya meminta kepada agar ini menjadi perhatian, sebaiknya menunda mudik karena pihaknya memastikan tidak akan ada kendaraan yang lolos dari dari pemantauan ataupun pemeriksaan petugas. Pihaknya juga memerintahkan kepada Polres Jajaran yang wilayahnya berdekatan dengan perbatasan untuk secara maksimal dalam melakukan penjagaan, profesional serta harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan.

“Karena di musim lebaran tahun 2020 ini Pos Pengamanan (Pospam) hanya difokuskan di akses masuk Provinsi Bengkulu. Di pos penjagaan nanti juga akan ada petugas piket gabungan dari TNI, Satpol PP dan tim medis,” jelas Sudarno. (461)

Leave a Reply