Bupati dan Wabup Seluma “Besamo Ngudak Lempuak”

BDKLIK.com, – Bupati Seluma Erwin Octavian dan Wakil Bupati (Wabup) Gustianto menggelar masak Lempuak Durian bersama warga Seluma di Gedung Daerah Serasan Seijoan, Sabtu (15/1/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Besamo Ngudak Lempuak tahun 2022, Bupati dan Wakil Bupati ikut turun mengaduk lempuak bersama warga.

Bupati Seluma Erwin mengatakan, banyak pesan tersirat dalam proses memasak Lempuak, mulai dari pengumpulan bahan sampai proses memasak dikerjakan secara bersama. Sehingga, kebersamaan yang harus digaris bawahi yakni dilakukan bergotong royong.

“Kekompakan dan ini kita aplikasikan dalam dunia pekerjaan kita sehari-hari untuk bersama-sama, betul-betul bekerja, bersama-sama untuk membangun Kabupaten Seluma ini lebih alap lagi,” ujar Erwin.

Selain itu, masak lempuak durian sudah menjadi budaya masyarakat Seluma pada musim durian tiba.
Sehingga perlu dibangkitkan. Memasak Lempuak ini dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 6 jam.

“Lempuak atau daging durian ini kita aduk, dengan komposisi api pun harus stabil,” ungkap Erwin.

Bak koki, Erwin memaparkan, bahan yang dibutuhkan dalam memasak lempuak adalah durian matang dengan kualitas terbaik yang diaduk dengan gula, namun bisa juga hanya durian saja.

“Gula ini sifatnya untuk mempertajam rasa manis saja, itu khas Seluma. Namun dengan catatan harus durian yang benar-benar kualitas baik,” tutup Erwin. (461)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com