September 26, 2021

BNNP Launching Kelurahan Bersinar

BDKlik.com, – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu melaunching Kelurahan Sawah Lebar sebagai Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), Jumat (13/8/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kelurahan Sawah Lebar, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu ini dihadiri Wakil Walikota Bengkulu, Dr. Dedi Wahyudi, Kakanwil Kemenkumham Prov. Bengkulu Drs. Imam Jauhari beserta Jajaranya, Kepala Kesbangpol Provinsi Bengkulu Drs. Khairil Anwar, M.Si, Plt. Kepala Kesbangpol Kota Bengkulu.

Lalu, Kepala BNN Kota Bengkulu AKBP. Alexander Soeki, S.Sos, M.H, Kepala BNN Kabupaten Bengkulu Selatan AKBP. Ali Imron, S.E, Kabag, Kabid dan Koordinator di Lingkungan BNN Provinsi Bengkulu, Lurah Kelurahan Sawah Lebar beserta jajarannya, Babinsa Kelurahan Sawah Lebar, Agen Pemulihan (AP) Kelurahan Sawah Lebar, Ketua RW, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda di Kelurahan Sawah Lebar.

Saat sambutan, Kepala BNNP Bengkulu, Supratman, SH, menjelaskan, bahwa kegiatan launching Kelurahan Sawah Lebar sebagai Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) bertujuan untuk membangun langkah bersama dalam Pelaksanaan Pencegahan  Penyalahgunaan Narkoba oleh seluruh komponen khususnya di Kelurahan Sawah Lebar. Dan nantinya akan diikuti oleh seluruh Kelurahan di Kota Bengkulu.

“Agar dapat mewujudkan Kelurahan Bersinar (Bersih Dari Narkoba). Untuk itu, kami mengajak seluruh Pemangku Kebijakan di Kota Bengkulu untuk bersama-Sama menjalin kemitraan dan menumbuhkan komitmen yang kuat dalam menekan tingkat penyalahgunaan narkoba yang melanda negara kita,” kata Supratman.

Supratman menambahkan, kegiatan di Kelurahan Bersinar harus dilakukan secara komprehensif, meliputi kegiatan Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, kegiatan Rehabilitasi dan kegiatan Pemberantasan dengan melibatkan seluruh unsur di Kelurahan seperti RT/RW, PKK, Posyandu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Karang Taruna, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satlinmas, termasuk keterlibatan Instansi terkait yaitu Dinkes, PKK, Kemenag, Dikbud, Kesbangpol dan Stakeholder terkait Lainnya.

Sementara, Wakil Walikota Bengkulu Dr. Dedi Wahyudi mengatakan, melawan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba harus dilakukan secara bersama-sama. Kelurahan sebagai ujung tombak Pemerintahan harus banyak membuat berbagai Forum penyadaran tentang bahaya narkoba. Salah-satunya adalah dengan mengintensifkan Program-Program P4GN terutama di Daerah Kelurahan Bersinar ini. 

“Perangkat Kelurahan dan masyarakatnya harus benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin dan seoptimal mungkin dalam rangka memerangi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba narkoba di Kota Bengkulu,” terang Dedy Wahyudi.

Launching Kelurahan bersinar ini turut ditandai dengan penyerahan buku petunjuk teknis pelaksanaan Kelurahan Bersinar dan penyerahan surat Keputusan sebagai Kelurahan Bersinar Kepada Kelurahan Sawah Lebar. (Jeger)