September 22, 2021

BKSDA Temukan Bangkai Gajah Betina

BDKlik.com, – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu menemukan bangkai gajah di di Hutan Produksi Air Teramang Konseksi PT BAT (Bentara Arga Timber), Senin (7/6/2021).

Gajah tersebut mati diduga diracun oleh oknum tidak bertanggungjawab. Pasalnya, tim gabungan dari BKSDA Bengkulu, Dinas Kehutanan, TNKS-PHS, dan Lingkar Institute bersama kepolisian Polsek Sungai Rumbai menemukan sabun beracun di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Selasa (8/6/2021).

Kapolsek Sungai Rumbai Ipda Edi Purwanto, SH mengatakan, gajah tersebut diperkirakan mati sekitar dua bulan lalu, karena saat ditemukan, gajah berjenis kelamin betina ini dan berumur sekitar 35 tahun hanya menyisakan tulang belulang saja.

Kemudian, di TKP tim gabungan juga menemukan sabun batangan yang diduga berisi racun dengan jarak dari bangkai gajah sekitar 500 meter.

“Dari pantauan kami di lokasi matinya gajah , kami temukan ada sabun batangan yang diduga beracun,” terang Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, guna kepentingan penyelidikan, tim gabungan kemudian mengambil beberapa sampel dari Gajah tersebut seperti, tulang rusuk, gigi, kulit, sabun yang telah dicampuri racun, guna identifikasi di Laboratorium Biologi UNIB Bengkulu serta tali nilon yang juga ditemukan disekitar bangkai gajah. (461)