Bapenda Seluma Lirik Wisata Untuk Peningkatan PAD

BDKLIK.com, – Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Seluma mulai melirik potensi sektor pariwisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satunya sektor pariwisata andalan Kabupaten Seluma sekarang ini berada di Kecamatan Lubuk Sandi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan pendapatan Daerah (Bapeda) Kabupaten Seluma, Yuyun Aprianto mengungkapkan, sektor pariwisata ini menjanjikan untuk digarap sebagai sumber PAD baru. Sebab itu pihaknya saat ini mulai melakukan pendataan potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten Seluma.

“Seluma memiliki banyak potensi wisata, jadi akan mulai kita garap dan kelola sebagai sumber PAD baru,” terang Yuyun Selasa, (18/1/2022).

Tentu dalam perealisasiannya, Bapenda sedang menggagas regulasi untuk melakukan pungutan retribusi di sektor pariwisata, dan regulasi akan menjadi dasar untuk menarik retribusi di tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Seluma.

“Regulasi sedang kita bahas karena itu penting untuk menjadi dasar dalam menarik retribusi dan akan berkoordinasi dengan bagian Pariwisata Disparpora,” katanya.

Selain itu, Bapenda akan berkoordinasi ke pemerintahan desa yang memilki lokasi objek wisata.

“Pengelolaannya nanti kita serahkan ke desa. Mekanismenya akan diatur melalui Perbup sebagai dasar atau regulasinya. Untuk saat ini objek wisata yang berpotensi yakni Air Terjun Desa Napal Jungur di kecamatan Lubuk Sandi, wisata di Desa Pandan Kec. Seluma Utara. Objek wisata alam ini telah melekat di hati wisatawan, baik lokal maupun luar Provinsi Bengkulu,” bebernya. (Jef).

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com