January 16, 2022

ASN PUPR Tak Terima Dimutasi, BKD Sebut Sudah Sesuai Aturan

BDKLIK.com, – Diketahui, beberapa waktu lalu, salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu tidak terima dimutasi dari jabatannya karena menilai bahwa jabatan barunya tidak sesuai dengan keahlian atau bidangnya.

Terkait hal tersebut, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu menyatakan bahwa mutasi yang dilakukan sudah sesuai aturan. Oleh sebab itu,
Plt Kepala BKD Provinsi Bengkulu Hendy Aprizal, S.E, M.M meminta ASN tersebut melaksanakan tugas sesuai dengan yang tertera di SK.

“Karena proses mutasi sudah melalui tahapan-tahapan sesuai aturan. Dalam proses mutasi ASN baik jabatan fungsional umum ataupun jabatan lainnya melalui proses menerima dan melalui izin,” ungkapnya, Jumat (7/1/2022).

Kebutuhan ASN telah mengacu kepada kebutuhan organisasi berdasarkan analisis jabatan yang berada pada OPD masing-masing.

“Jika terjadi kelebihan pegawai di lingkup OPD tertentu maka tentu kami (BKD,red) akan mendistribusikan ASN bersangkutan di unit kerja yang membutuhkan,” bebernya.

Ditambahkan, perencanaan kebutuhan pegawai diikuti dengan keteraturan mereposisi dan distribusi pegawai.

“Jadi setiap SK yang telah ditandatangani oleh pejabat pembina kepegawaian harus tetap dilaksanakan, jika yang bersangkutan tidak menjalankan tugasnya maka akan merugikan yang ASN yang bersangkutan karena apabila SK telah diberikan maka input data ASPK telah dilakukan BKD,” ujarnya.

Selain itu, berpegang pada kebutuhan organisasi maka mutasi pejabat tidak perlu dilakukan konfirmasi kepada ASN bersangkutan karena menggunakan analisis kebutuhan kepegawaian.

“Apabila OPD diindikasikan berlebih pegawai dan kebutuhan organisasi tidak sebanyak yang harus dibutuhkan maka harus dilakukan refresh jabatan,” tutupnya. (461)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com