September 26, 2021

Anggota Komisi XI DPR RI Dorong Pembentukan Desa Devisa

BDKlik.com, – Pandemi Covid-19 yang berlangsung sepanjang tahun 2020 berdampak pada terkontraksinya hampir seluruh komponen dan Lower Upper (LU) utama di Provinsi Bengkulu. Dari sisi penggunaan, komponen konsumsi rumah tangga mengalami penurunan seiring terbatasnya aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Disisi konsumsi pemerintah, penurunan aktivitas ekonomi berdampak pada penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berimbas kepada pemotongan anggaran belanja daerah.

Selain itu, kinerja investasi juga turut melemah seiring menurunnya belanja modal pemerintah akibat realokasi anggaran. Sementara itu, perilaku defensive dari pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19 mendorong terkontraksinya komponen investasi di tahun 2020. Selanjutnya, ekspor juga tercatat mengalami kontraksi didorong oleh menurunnya permintaan global. Dari sisi lapangan usaha, LU pertanian terdeselerasi seiring menurunnya produktivitas sebagai dampak wabah Covid-19.

Melihat hal ini, Anggota Komisi XI DPR RI  Fraksi Gerindra Dapil Bengkulu Susi Marleny Bachsin, mendorong masyarakat Bengkulu memanfaatkan salah satu program pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan pemerintah yakni dengan memberdayakan masyarakat Desa bersama mitra kerja melalui Pembentukan Desa Devisa.

Tak hanya itu, Susi Marleni Bachsin melalui Komisi XI DPR RI  juga membantu pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM), melalui penyuluhan, permodalan sampai pemasaran.

“Dalam hal ini saya berharap seluruh pemerintah daerah dapat memanfaatkan berbagai Program PEN yang digulirkan Pemerintah, sehingga Perekonomian Provinsi Bengkulu dapat segera bangkit disituasi yang masih pandemi Covid-19,” kata Susi. (Jeger)

Anggota Komisi XI DPR RI  Fraksi Gerindra Dapil Bengkulu Susi Marleny Bachsin