Alat PCR Corona Besok Dicoba

BDKlik.Com, – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang termasuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 atau virus Corona di Provinsi Bengkulu akan melaksanakan uji coba terhadap alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang kini telah dimiliki Provinsi Bengkulu. Alat untuk mendeteksi material genetik corona tersebut akan dicoba penggunaannya, Senin (18/5/2020) tepatya besok.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herawan Antoni, Sabtu (16/05/20) mengatakan, untuk permulaan pemeriksaan dilakukan bertahap yaitu sebanyak 20 sampai 50 sampel. Jika sudah berjalan normal dan optimal maka pemeriksaan sampel dapat dinaikan hingga 100 sampel dalam satu hari. Nantinya pemeriksaan kemungkinan akan lebih cepat karena dua alat yang akan digunakan yakni PCN dengan menggunakan Catrict dan Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Tetapi kemungkinan lebih banyak pemeriksaan dilakukan dengan PCR, karena PCR mampu menampung sebanyak 99 Sampel,” ujar Herwan Antoni.

Kalau memang benar-benar sudah optimal, kata Herwan Antoni, pemeriksaan sampel akan diperbanyak ke Kabupaten/ Kota, dengan demikian penelusuran atau treaching terhadap klaster yang ada. Selain itu jika timbul klaster baru maka pelacakannya bisa dilakukan dengan cepat. Dengan adanya PCR pengambilan rapid tes bisa sekalugus pengambilan Swab terutama pada kelompok-kelompok beresiko dan kelompok Orang Tanpa Gejala (OTG). Tak hanya itu, dengan adanya PCR penyelidikan secara epidemologi dengan klaster-klaster dengan cara pengambilan randoom sampel pada kelompo-kelompok tersebut dapat dikembangkan dengan cepat.

“Dengan demikian kita bisa menganalisa secara epidemologi bagaimana real kasus konfirmasi sesungguhnya di Provinsi Bengkulu kalau sudah menggunakan sistem penyelidikan epidemologi,” jelas Herwan Antoni. (461)